air mineral 8 gelas sehari

hi! :) kemaren malem aku nonton program acara di salah satu tv swasta, namanya 'Dr. Oz Show'. acaranya sendiri seputar kesehatan dan hal-hal yang berkaitan dengan kedokteran (ya iya lah.. nama acaranya aja kayak gitu, gak mungkin kan acara memasak :p). 
di salah satu segmen acara itu, si Dr. Oz nya harus menjawab pertanyaan dari beberapa orang. dan aku menemukan satu pertanyaan yang COCOK banget sama apa yang aku rasain :). dia nanya : "hi Dr. Oz. I wanna ask you something about the water. do I really have to drink 8 glasses a day? am wondering if you can explain about it."
terus si dokter mulai jawab pertanyaan tuh orang. kira-kira kayak gini penjelasannya. 
penemuan bahwa setiap orang harus minum 8 gelas sehari itu berasal dari tahun 1945, masa-masa perang dunia II. prajurit jaman segitu mikirin kira-kira berapa liter air yang harus mereka konsumsi untuk tenaga yang dibutuhkan selama masa perang. kemudian dari hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata tiap orang menghabiskan sekian kalori dalam sehari (anggep aja X kalori). X kalori setara dengan setengah galon air putih atau sekitar 8 gelas. jadi, setiap orang memang harus mengkonsumsi air sebanyak X kalori.
tapi, si dokter itu ngejelasin kalo sebenarnya orang TIDAK HARUS mengkonsumsi air sebanyak itu. dia ngasi contoh kalo kentang aja mengandung 70% air. jadi tiap orang bisa ngedapetin asupan air dari makanan atau buah-buahan sebagai pengganti 8 gelas air sehari. ya emang manusia harus minum air, soalnya sekitar 70% tubuh kita mengandung air. bukan berarti kita gak minum air sama sekali, tapi juga gak minum sebanyak itu. apakah paham sampai sini? :)

well, aku memang gak ngambil sumber-sumber lain di postingan ini. sumber tulisanku cuma dari omongannya si dokter tadi. aku juga anak komunikasi, jadi aku minta maaf banget kalo ada istilah-istilah ilmiah yang salah dipostingan ini. aku cuma pengen ngejelasin kalo pandangan 'tiap orang harus minum 8 gelas sehari hukumnya wajib' itu gak 100% bener. yang aku tekankan disini, gak harus kita minum 8 gelas sehari, yang penting asupan air mineralnya cukup untuk kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

penjelasan itu dokter bikin aku seneng banget, soalnya aku adalah orang yang susah minum air putih. gak tahu kenapa tiap kali aku minum air putih perut kok rasanya mual. pernah aku sehari gak minum air putih sama sekali, dan ini memang gak baik. yang penting kan asupan air ku cukup, ya gak? :)
well, semoga postingan ini bermanfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;